Rabu, 29 Juni 2016

Mengenal Simbal Pada Drum

loading...
Mengenal Simbal Pada Drum
www.allmusicgarage.com - Salam Drummer untuk pembaca setia allmusicgarage, kali ini saya akan bahas seputar 'Mengenal Simbal Pada Drum'. Sebuah alat musik drum memang tidak lepas dari sebuah simbal, tanpa adanya simbal mungkin nada dari drum itu sendiri ada yang kurang. Di kesempatan kali ini akan saya bahas asal mula simbal itu sendiri dan juga macam-macam simbal yang ada.

Berikut Info Seputar 'Mengenal Simbal Pada Drum'

Simbal adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dan alat musik ini sudah sejak zaman dahulu telah dimainkan. Simbal ini juga tergolong musik perkusi. Asal dari simbal ini berasal dari negara Turki, dan dari sanalah memang sudah dikenal bahwa mereka mampu menghasilkan kualitas simbal yang begitu bagus di seluruh dunia. Hal yang membuat kualitas nomor satu ini sudah diakui oleh musisi-musisi ternama. Bahan yang mereka pakai adalah campuran logam yang mempunyai rahasia campuran yang tetap untuk menjaga kualitas dari simbal yang mereka produksi.

Tahukah sobat merk simbal no 1 di dunia? Merk yang paling terkenal dan mungkin merk ini sudah diakui kualitasnya, yaitu merk Zildjian cymbal.

Bentuk Simbal

Pada umumnya bentuk dari simbal itu sendiri bulat dan memiliki variasi diameter. Simbal memiliki sebuah lubang kecil yang terletak di tengah yang fungsinya untuk memasukkan penyangga (stand simbal). Ada lagi yang bentuk lain dimiliki oleh simbah, pada umumnya simbal memiliki cup yang berada  di tengah. Fungsi cup ini untuk memainkan bell pada ride simbal.

Tidak hanya berbenyuk bulat saja loh, bentuk simbal juga bermacam-macam, contohnya : ada simbal yang berbentuk persegi 8, berbentuk spiral, terdapat lubang-lubang pada simbal. Dari berbagai macam bentuk itulah yang membuat karakter suara yang unik.

Jenis dan Ukuran Simbal

Pada umumnya sebuah drum set standart memiliki 3 buah simbal, hi-hat, crash, ride. Akan tetapi sobat bebas untuk menambahkan jenis simbal lainnya di dalam drum set sobat nantinya sesua selera. Nah selanjutnya akan saya bahas 3 buah simbal tadi dan juga jenis simbal lainnya.

  1. Hi-hat :Simbal ini terdiri dari 2 buah simbal dan cara meletakkannya secara berhadapan. Kedua simbal ini mempunyai ketebalan yang berbeda, simbal hi-hat yang ada di bagian bawah lebih tebal dari yang di atas. Ukuran umumnya dari hi-hat adalah 14 inci, namun ada ukuran lainnya yaitu ukuran 15, 13, 12 dan 10 inci. Fungsi dari simbal hi-hat ini adalah menjaga agar rhythm terjaga dengan konstan.

  2. Crash :Selanjutnya adalah simbal crash, simbal ini memiliki karakter suara yang tajam dan keras. Fungsi dari simbal crash ini adalah untuk membuat aksen pada pukulan dan sinkopasi aksen. Ukuran dari simbal crash ini pun bervariasi, diantaranya berukuran 14,15,16,17,18,19 sampai 20 inci.

  3. Ride :Simbal ride memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan dari simbal hi-hat dan crash, umumnya memiliki ukuran 20 inci. Fungsi dari simbal ride ini hampir sama dengan simbal hi-hat.

  4. Splash :Jenis lain dari simbal ada yang namanya splash, simbal ini memang unik dengan karakter suara tajam. Nah fungsi simbal ini biasanya dipakai untuk memberi aksen-aksen kecil di dalam sebuah lagu. Ukuran dari simbal ini agak kecil, yaitu 6,8,10 dan 12 inci.

  5. China simbal : Dari namanya mungkin sobat sudah bisa menebak bentuk dari simbal ini, coba deh bayangkan simbal yang biasanya di mainkan di film-film china kolosal :-) , Bentuk simbal ini memang terbalik dan juga mempunyai karakter suara yang unik. Ukuran yang dimiliki pun juga bervariasi, untuk china simbal mini berukuran 8,10,12 dan 14 inci, dan untuk yang medium berukuran 16,18,20 inci, yang paling besar berukuran 22 inci.

  6. Ride Crash :Pasti sobat bertanya-tanya dengan simbal ini dan bentuknya. Di sebut Ride Crash ini bisa dibilang gabungan dari simbal ride dan crash lo. Kenapa? karena jenis simbal Ride Crash tersebut bisa sobat gunakan sebagai simbal crash atau ride, jadi sobat bisa memainkan pukulan crash maupun pukulan ride di simbal jenis ini. Ukuran dari simbal ini yaitu 18 dan 20 inci.

  7. Zil Bell :Kalau sobat baru mengenal drum pasti belum kenal dengan simbal Zil Bell. Dari namanya bisa sobat pahami bahwa simbal ini gunanya untuk memainkan pukulan bell pada simbal. Pukulan bell itu sendiri bisa juga sobat mainkan pada ride simbal di bagian cup nya, Namun untuk mempermudah memainkan bell sobat bisa menggunakan jenis simbal Zil Bell. Untuk ukurannya juga kecil seperti simbal splash dan agak tebal.

  8. Swish Knocker :Simbal ini sama dengan simbal china, namun pada simbal Swish Knocker ini memiliki ciri-ciri khusus, yaitu memiliki Rivet (paku-paku kecil) di seluruh permukaan simbalnya. Ukuran dari simbal ini adalah 20 dan 22 inci.
Merk Simbal

  • Avedis Zildjian Company

  • Italian Bellotti Cymbals

  • Meinl

  • Paiste

  • Sabian

  • Stagg

  • UFIP

  • Yamaha

  • Wuhan

  • Istanbul cymbals

  • Istanbul Agop

  • Orion Cymbals

  • Rolling
Nah sampai disini pembahasan saya mengenai 'Mengenal Simbal Pada Drum'. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan sobat untuk mengetahui tentang simbal. Salam Drummer...

loading...

Related Posts

Mengenal Simbal Pada Drum
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Terima kasih telah berkomentar di blog ini.