Jumat, 17 Juni 2016

Mengenal Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan

loading...
Mengenal Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan
www.allmusicgarage.com - Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi yang menjalankan. Pada kesempatan ini saya ingin membahas sebuah keunikan dibulan yang penuh berkah ini. Sobat mungkin sudah tidak asing dengan tradisi musik patrol, dimana disaat kita akan sahur pasti sobat dibangunkan oleh sekelompok muda mudi yang memainkan musik keliling kampung sembari membangunkan kita untuk sahur.

Mengenal Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan mungkin masih kita jumpai di daerah-daerah tertentu saja, karena lain daerah tradisi bisa berbeda. Untuk ditempat saya yaitu di jombang jawa timur, tradisi seperti ini masih dapat kita jumpai. Mereka dengan suka rela berkeliling dengan memainkan musik menggunakan alat musik yang unik juga loh. Alat musik yang biasa mereka gunakan ini seperti beduk kecil yang di naikan di atas gerobak, tong dan kaleng bekas cat dan sebuah gitar untuk meramaikan alunan musik yang mereka bawakan.

Dengan adanya tradisi inilah suasana bulan ramadhan pasti selalu dinantikan oleh umat muslim. Sebuah kekayaan nusantara seperti ini sudah saatnya kita jaga dan kita lestarikan. Manfaat apa sih yang ada pada tradisi ini? Banyak banget yang bisa kita dapat dengan melestarikan tradisi musik patrol, diantaranya : mempererat tali silahturahmi antar muda mudi dan juga masyarakat sekitar dan juga menghibur masyarakat sekitar pula dengan alunan musik yang mereka bawakan :-) , nah yuk kita semua jaga kelestarian tradisi musik patrol ini sampai anak cucu kita nantinya.

Artikel ini saya tulis sebagai penyemangat untuk para muda mudi untuk tidak lupa akan tradisi yang sudah turun menurun, semoga dengan tulisan saya inilah sobat muda mudi di nusantara ikut menjaga.
loading...

Related Posts

Mengenal Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Terima kasih telah berkomentar di blog ini.