Minggu, 29 Mei 2016

Cara Membuat Pelanggan Nyaman

loading...
Cara Membuat Pelanggan Nyaman
Sobat mempunyai usaha sendiri, pasti ingin kan pelanggan anda merasa betah dan nyaman di tempat usaha sobat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan sekaligus pengalaman saya pribadi dalam menjalankan usaha rental musik studio. Topik yang saya bahas kali ini adalah Cara Membuat Pelanggan Nyaman.

Tips ini bisa sobat terapkan pada semua bidang, tidak hanya pada bidang usaha rental musik studio yang sedang saya jalani.

Hal yang perlu sobat utamakan adalah keramahan dalam melayani pelanggan di usaha sobat. Nah di bawah ini saya akan jelaskan poin-poin yang harus sobat lakukan untuk membuat pelanggan sobat jadi betah.

Berikut Cara Membuat Pelanggan Nyaman


  1. Perlakukan pelanggan sebagai raja : di poin pertama ini sudah pasti pelanggan adalah nomor satu yang harus sobat layani. Berikan pelayanan yang ramah bila ada pelanggan datang dan jangan sungkan-sungkan untuk berusaha memberikan perhatian bila pelanggan bertanya.

  2. Kenyamanan Tempat : Sebisanya sobat berikan sebuah suasana tempat yang baik untuk pelanggan (ruang tunggu yang nyaman). Menciptakan ruangan yang nyaman sangatlah penting untuk membuat pelanggan menjadi betah. Sebagai contoh yang saya berikan kepada pelanggan studio musik yang saya kelolah, saya berusaha memberikan sebuah ruangan untuk pelanggan saya senyaman mungkin dengan menyediakan beberapa kursi yang nyaman, alat musik yang bisa digunakan untuk menunggu waktu mereka antri untuk latihan musik, dan juga beberapa majalah untuk memberikan fasilitas tambahan kepada mereka.

  3. Berikan Fasilitas Extra : Nah poin yang satu ini sangat mempengaruhi kenyamanan untuk pelanggan. Fasilitas-fasilitas extra ini bisa sobat berikan kepada mereka berupa ruangan ber AC, fasilitas wifi, kamar mandi. Banyak beberapa usaha yang memanfaatkan fasilitas extra ini, contohnya beberapa warung kopi saat ini sudah menyediakan free wifi untuk pelanggannya.

  4.  Memberikan Produk yang Bagus : Di poin ke empat ini juga tidak kalah pentingnya. Bila usaha sobat mendapatkan kepercayaan, sobat sebisanya memberikan suatu produk yang bagus pula, produk disini bisa dalam bentuk jasa, makanan, atau barang yang bagus.

  5. Bonus Extra : Nah di poin yang terkhir, berikan suatu penghargaan untuk pelanggan sobat. Penghargaan ini bisa berupa bonus atau hadiah kepada pelanggan. Sebagai contoh, saya memberikan sebuah hadiah untuk pelanggan saya bonus free latihan 1 jam dengan menukarkan kupon sebanyak 10, jadi setiap pelanggan saya nantinya akan mendapatkan 1 kupon di setiap latihan 1 jam, bila mereka sudah mengumpulkan 10 jm = 10 kupon, mereka bisa menukarkan kepada saya untuk mengambil bonus free latihan 1 jm di studio saya.

  6. Ada Bonus Tips nih dari saya, di tips yang ke enam ini sobat bisa berikan bila tips ke 1-5 sudah sobat terapkan dengan baik. Untuk menambah popularitas usaha yang sobat jalani, buat sebuah event untuk mereka (pelanggang). event ini bisa berupa festival musik, pameran produk, atau sebuah demo produk. Pada saat event inilah sobat dapat mempromosikan lebih detail akan produk yang sobat miliki.

Mudah bukan bagaimana Cara Membuat Pelanggan Nyaman. Keberhasilan bisa sobat dapatkan bila sobat benar-benar fokus dalam menjalankan usaha. Semoga usaha sobat dapat berjalan lancar dan sukses.
loading...

Related Posts

Cara Membuat Pelanggan Nyaman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Terima kasih telah berkomentar di blog ini.